3 Ganjaran Memuliakan Anak Yatim

3 Ganjaran Memuliakan Anak Yatim – Bersedekah dalam bentuk apapun adalah salah satu amalan baik yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Dengan bersedekah, kita membantu lingkungan yang kurang mampu, khususnya anak yatim.

Bersedekah kepada anak yatim mempunyai keutamaan yang luar biasa karena amalan jariyah ini tidak akan terputus.

Diriwayatkan Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, ia berkata bahwa Rasul SAW bersabda,

Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang bermanfaat, (3) anak shalih yang selalu mendoakan orang tuanya.” (HR. Muslim, no. 1631)

Selain itu, Allah SWT juga memerintahkan umat-Nya untuk

Allah SWT juga memerintahkan umatnya untuk mencintai dan memelihara anak yatim. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Baqarah: 220,

فِى الدُّنۡيَا وَالۡاٰخِرَةِؕ وَيَسۡـــَٔلُوۡنَكَ عَنِ الۡيَتٰمٰىؕ قُلۡ اِصۡلَاحٌ لَّهُمۡ خَيۡرٌ ؕ وَاِنۡ تُخَالِطُوۡهُمۡ فَاِخۡوَانُكُمۡ‌ؕ وَاللّٰهُ يَعۡلَمُ الۡمُفۡسِدَ مِنَ الۡمُصۡلِحِ‌ؕ وَلَوۡ شَآءَ اللّٰهُ لَاَعۡنَتَكُمۡؕ اِنَّ اللّٰهَ عَزِيۡزٌ حَكِيۡمٌ

“Tentang dunia dan akhirat. Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang anak-anak yatim. Katakanlah, “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik!”

Dan jika kamu mempergauli mereka, maka mereka adalah saudara-saudaramu. Allah mengetahui orang yang berbuat kerusakan dan yang berbuat kebaikan. Dan jika Allah menghendaki, niscaya Dia datangkan kesulitan kepadamu. Sungguh, Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana.”

3 Ganjaran Memuliakan Anak Yatim

  1. Mendapat Jaminan Surga

Orang-orang yang mengasuh anak yatim, Allah SWT telah menjamin dirinya masuk ke dalam golongan Surga.

Sebagaimana hadis riwayat Tirmidzi, Nabi SAW bersabda:

Orang yang memelihara anak yatim di kalangan umat muslimin, memberikannya makan dan minum, pasti Allah akan memasukkan ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR. Tirmidzi dari Ibnu Abbas).

  1. Terhindar Dari Siksa Kubur Dan Akhirat

Dalam Al Quran, Allah SWT memerintahkan kita untuk memelihara atau mengasuh anak-anak yatim. Rasul SAW bersabda bahwa Allah SWT berfirman:

Demi Yang Mengutusku dengan hak, Allah tidak akan menyiksa pada hari kiamat nanti orang yang menyayangi anak yatim, lemah lembut pembicaraan dengannya, menyayangi keyatiman dan kelemahannya.” (HR. Thabrani dari Abu Hurairah).

  1. Memperoleh Banyak Kebaikan

Jika kita memuliakan dan menyantuni anak yatim, niscaya kita akan mendapat manfaat besar dari apa yang telah kita berikan kepada mereka.

Dalam hadit yang Abu Hurairah R.A riwayatkan, bahwa pada saat itu ada seseorang datang kepada Nabi Muhammad dan beliau bersabda:

Barangsiapa mengusap kepala anak yatim piatu laki-laki atau perempuan karena Allah, adalah baginya setiap rambut yang diusap dengan tangannya itu terdapat banyak kebaikan.”


Itulah 3 ganjaran apabila kita memuliakan anak-anak yatim dan dhuafa.

Tunggu apalagi? Pengin masuk surga jalur sedekah bukan? Ayo sedekah sekarang juga, sisihkan sedikit harta Anda kepada mereka yang membutuhkan.

Yayasan Bina Karya Mandiri (YBKM) menerima donasi bagi siapapun yang ingin menyalurkan sedikit rejekinya. Anda bisa mengklik tautan donasi di bawah ini atau bisa menghubungi admin YBKM untuk proses lebih lanjut.

BRI 032.80100.1031.303

BSI 744 222 1110

BTN 0042 6015 0002 5825

Bank JATIM 0.3324.6000.5

a/n yayasan bina karya mandiri

Baca juga: Yayasan Yatim Piatu Surabaya