Anjuran Sedekah Kepada Anak Yatim Sesuai Dalil dan Hadist

Anjuran Sedekah kepada Anak Yatim – Sedekah yatim adalah sedekah yang diberikan kepada anak-anak yatim di panti asuhan ataupun tidak. Anak yatim merupakan anak yang belum mencapai pubertas (baligh) dan sudah ditinggal oleh Ayahnya.

Sedekah untuk anak yatim adalah salah satu amalan yang tidak berhenti sampai seseorang itu meninggal. Ada tiga hal yang pahalanya akan mengalir terus menerus yaitu sedekah, doa orang soleh, dan ilmu yang bermanfaat.

Jika Anda ingin terus mendapatkan pahala, salah satu caranya yaitu dengan bersedekah. Bahkan setelah meninggal, pahala mengalir ke dalam tubuh Anda sebagaimana Al-Qur’an juga telah menjelaskan keutamaan sedekah ini.

Anjuran Untuk Sedekah Kepada Anak Yatim

Posisi anak yatim dalam agama Islam sangat istimewa, buktinya ada di dalam Al Quran di mana anak yatim disebutkan sebanyak 22 kali. Karena kedudukannya istimewa, maka Allah SWT mendorong umat manusia untuk menyantuni anak yatim ini.

Kini, cara menyantuni anak yatim sudah mudah karena bisa melalui pemilik panti asuhan terdekat Anda. Nantinya, pemilik panti asuhan membagikan santunan tersebut secara adil dan merata.

Yayasan Sosial dan Panti Asuhan Sidoarjo

Bagi Anda yang ingin menyalurkan donasi atau santunan ke panti asuhan di daerah Sidoarjo, Yayasan Bina Karya Mandiri (YBKM) ada di sini.

Yayasan Bina Karya Mandiri (YBKM) bergerak di bidang layanan sosial, dakwah, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi ummat di Sidoarjo, Surabaya Jawa Timur.

YBKM merupakan milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan anak yatim dan dhuafa dengan dana Infaq, Shadaqoh, Wakaf, Infaq dan dana lainnya. Dana ini bisa dari perorangan, kelompok, perusahaan atau lembaga yang halal dan legal.

Legalitas YBKM

  • Akta Notaris : Bogig Fadli, S.H.,M.Kn. Tanggal 28 Januari 2020
  • Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor : AHU-00607.AH.02.01 Tahun 2020
  • NPWP : 31.510.385.3-604.000

Berbekal tekad dan semangat untuk meringankan beban sesama dan menciptakan generasi penerus yang kuat secara jasmani, rohani dan mental, Pengurus YBKM mengajak masyarakat untuk mendukung dan bekerjasama dalam berbagai program sosial, dan kegiatan rutin anak yatim dan keluarga asuh dhuafa.

Kegiatan rutin seperti Bhakti Ramadhan dan Bhakti Qurban serta program sosial kemasyarakatan lainnya.

Bagi Anda yang ingin bersedekah di Yayasan Bina Karya Mandiri Panti Asuhan Yakarim Sidoarjo, bisa donasi melalui link KITA BISA di bawah ini:

Link: kitabisa.com/yayasanbinakaryamandiri

Atau bagi Anda yang ingin transfer melalui Rekening Yayasan Bina Karya Mandiri bisa kirim ke nomor rekening di bawah ini:

Rekening:

BRI 032.80100.1031.303

BSI 744 222 1110

BTN 0042 6015 0002 5825

Bank JATIM 0.3324.6000.5

a/n yayasan bina karya mandiri

Kontak: 082140009859


Hikmah Memberikan Sedekah Yatim

 

Anjuran Sedekah kepada Anak Yatim

Jika perhitungan dunia memberikan sedekah kepada anak yatim piatu di panti asuhan akan mengurangi hartanya. Padahal tidak sama sekali dengan ukuran akhirat, di mana harta tersebut malah akan terus bertambah.

Sedekah dapat membuka pintu rezeki lain yang akan menjadi pertolongan di dunia dan di akhirat nanti. Hal ini juga dijelaskan lebih rinci dalam Al Quran Surat Saba Ayat 39. Surat Saba Ayat 39 menyatakan bahwa Allah SWT adalah sebaik-baik yang memberikan rezeki.

Sedekah adalah ibadah yang tidak terikat oleh waktu, dalam arti bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, disebutkan bahwa Nabi SAW bersabda:

“ Ketika seseorang menyingkirkan duri, batu dan tulang dari tengah jalan, itu adalah salah satu bentuk sedekah. ”

Manfaat Bersedekah Ke Anak-anak Yatim

  1. Mendapatkan Syafaat Jalur Sedekah

Hikmah yang pertama dalam memberi sedekah kepada anak yatim adalah mendapat syafaat kelak di hari kiamat. Nabi SAW menjelaskan tentang orang-orang yang akan mendapat syafaat di hari kiamat dan salah satunya adalah orang yang gemar bersedekah.

Sedekah itu seperti memberi dengan tangan kanan dan tangan kiri di belakang, dengan tangan kiri tidak mengetahui bahwa tangan kanan sedang sedekah.

  1. Bukti Tanda Keimanan

Sedekah untuk anak yatim juga bisa dijadikan sebagai tanda keimanan kepada Allah SWT. Sedekah membawa sukacita tidak hanya bagi pemberi, tetapi juga bagi penerima.

Penerima merasa kurang terbebani untuk menerima bantuan. Amal bisa menjadi amalan yang menunjukkan rasa syukur.

Misalnya, seseorang baru saja mendapatkan harta lebih banyak dan langsung membagikannya kepada orang yang tidak mampu. Sedekah juga bisa dijadikan sebagai tanda keimanan.

  1. Mendatangkan Rasa Bahagia

Sedekah bisa mendatangkan perasaan bahagia kepada Anda sebagai pemberi.

Ada sebuah hadits yang menjelaskan tentang orang yang suka bersedekah dengan orang pelit.

Perumpamaan dua orang tersebut adalah orang yang gemar ketika mengenakan baju besi akan terasa longgar. Hingga ujung-ujungnya tidak terlihat lagi dan tidak meninggalkan bekas luka sekecil apapun di tubuhnya.

Sedangkan orang pelit, ketika menggunakan baju besi, dia bisa merasakan bajunya mengencang di kulitnya, walaupun di longgarkan tetap tidak bisa. Jadi, ketika orang yang gemar bersedekah dan memberi sebagian hartanya kepada anak yatim, dirinya akan merasa lega dan bahagia.

  1. Amalan Yang Tidak Akan Terputus Pahalanya

Sedekah adalah salah satu amalan yang pahalanya terus mengalir bahkan setelah kematian orang tersebut.

Contohnya adalah orang yang bersedekah untuk membangun masjid dan ketika orang itu meninggal, pahalanya terus mengalir.

Apalagi jika masjid digunakan untuk ibadah. Sama seperti bersedekah kepada anak-anak yatim, pahalanya juga terus mengalir. Terlebih lagi doa anak yatim sama dengan doa anak shaleh yang amalnya tidak akan terputus.

Abu Hurairah pernah meriwayatkan sebuah hadits yang berbunyi:

“ Ketika anak cucu Adam meninggal dunia, semua amalnya terputus kecuali tiga: sedekah jariyah, anak sholeh yang memohon ampunan untuk kedua orang tuanya (ayah dan ibunya) kemudian ilmu yang bermanfaat.

Sekalipun jumlah yang disumbangkan tidak besar, itu bisa menjadi bekal yang besar di akhirat. Kemudian orang yang gemar bersedekah juga akan diselamatkan dari Api Neraka jadi bersedekahlah dengan ikhlas dan hanya mengharap ridha Allah SWT.

  1. Terhidar Dari Mara Bahaya

Sedekah adalah bentuk ibadah khusus karena si pemberi akan terhindar dari semua bahaya. Sedekah dapat mencegah musibah dan hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan perintah untuk segera bersedekah.

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa bencana dan musibah tidak bisa datang mendahului sedekah. Ada juga hadits lain yang menjelaskan bahwa sedekah sama dengan menutup 70 pintu kejahatan. Jadi, sedekah bisa dimulai dari yang terkecil, asalkan konsisten.

  1. Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Ibadah yang bisa membuat seseorang mendapatkan pahal berlipat ganda salah satunya adalah sedekah. Pahala tersebut merupakan balasan dari orang yang gemar bersedekah.

Dalam Surat Al-Baqarah ayat 261 menjelaskan tentang balasan untuk orang-orang yang bersedekah.

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Bahwa pahala yang didapatkan oleh orang yang bersedekah di ibaratkan dengan sebutir biji yang menumbuhkan 7 tangkai, di mana setiap tangkai ada seratus biji. Allah SWT akan melipatgandakan untuk siapa saja yang Dia kehendaki.

Berarti, 1 kali sedekah, Anda bisa mendapatkan 700 pahala, apalagi jika Anda lakukan setiap hari? Sangat banyak pahala yang Anda dapatkan.

  1. Memperpanjang Usia

Apabila ingin mempunyai usia panjang, salah satu yang bisa dilakukan adalah sedekah kepada anak yatim piatu secara rutin. Kualitas hidup seseorang meningkat jika ia sering bersedekah.

Bersedekah juga dapat menumbuhkan perasaan bahagia dan senang setelah melakukan hal tersebut. Sedekah tidak hanya dapat memperpanjang umur, tetapi juga dapat mencegah kematian yang buruk.

Allah SWT juga menghilangkan sifat-sifat buruk seperti sombong dan kafir. Tentu tidak ada orang yang ingin mengalami kematian yang buruk, jadi tunggu apalagi? Sedekahkan sedikit dari rezeki Anda untuk anak-anak yatim dan dhuafa.

  1. Baik Untuk Kesehatan

Rajin berbagi rezeki dengan anak yatim ternyata sangat baik untuk kesehatan. Bahkan jika yang di sedekahkan hanya sebiji kurma, itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Dengan berbagi dengan seseorang, juga membuat otak lebih aktif sehingga dapat meningkatkan suasana hati.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of British Columbia menjelaskan kaitan antara penurunan tekanan darah dengan menggunakan uang orang lain, yang bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Misalnya mengurangi gejala depresi, mengurangi rasa sakit karena migrain, memperlambat penuaan dini dan meningkatkan hubungan sosial kepada orang lain.

  1. Mengapus Dosa
  2. Keberkahan Pada Harta

Itulah beberapa Anjuran Sedekah kepada Anak Yatim dan manfaatnya untuk diri kita. Bagi yang ingin bersedekah, bisa lewat Panti Asuhan Yakarim dan Yayasan Bina Karya Mandiri.